Selasa, 23 Oktober 2018

Nikmati Wisata Heritage Makassar Saat F8

Kota Makassar mempunyai banyak tujuan wisata. Diantaranya wisata heritage. Beberapa situs wisata heritage ini dekat dengan moment Makassar International Eight Festival and Komunitas 2018 (F8). Di tujuan ini, wisatawan akan terasa kembali pada waktu yang lalu.

Dari jumlahnya tujuan heritage, Benteng Rotterdam jadi yang sangat direkomendasikan. Tempatnya begitu dekat. Cuma 5 menit dari venue F8. Persisnya di Jl. Ujung Pandang, No. 1, Makassar.

Baca juga: taman pelangi jurug dan tiket masuk taman pelangi jurug

Benteng Rotterdam mempunyai potensi untuk menarik wisatawan. Buktinya, selama 1-10 Oktober 2018, Fort Rotterdam ini telah didatangi seputar 3.260 wisatawan. Rata-ratanya 326 wisatawan satu hari. Dari jumlahnya keseluruhan itu, 282 orang salah satunya wisman serta wisnusnya 2.978 orang.

Menurut Staf Spesial Menteri Bagian Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuty, gerakan pariwisata Makassar begitu positif. Gerakan industri pariwisata di Makassar bagus. F8 super padat oleh pengunjung. Tujuan yang lain ikut ramai. Fort Rotterdam sangat eksotis. Unsur serta nilai sejarahnya ikut kuat. Kental dengan warna Belanda. Tempatnya juga strategis buat beberapa pengunjung F8, katanya, Jumat (12/10/2018).

Baca juga: taman lampion jurug dan harga tiket masuk taman pelangi jurug

Fort Rotterdam ikut sering didatangi wisatawan mancanegara. Seperti dari Belanda, Jerman, Prancis, serta Swiss. Menurut Esthy, Fort Rotterdam begitu mendunia. Daya tarik benteng ini mengagumkan. Riwayat serta namanya memang besar. Banyak wisatawan dari beberapa dunia tertarik untuk memandangnya dari dekat, sambungnya.

Fort Rotterdam mempunyai luas seputar 3 hektare. Pada dasarnya, benteng ini terdiri dari 15 zone menurut alfabet A sampai O. Di benteng ada Museum La Galigo. Museum ini memphoto perubahan budaya Kota Anging Mammiri. Ada pula Gedung Kesenian di zone C. Gedung ini miliki beberapa terowongan bawah tanah. Satu terowongan juga diklaim tersambung ke Karebosi sejauh 0,5 km.

Baca juga: fasilitas taman jurug dan harga tiket taman pelangi jurug

Pada zone N, ada sisa ruangan pengasingan Pangeran Diponegoro. Di ruang ada dua pintu melengkung besar serta kecil. Pintu kecil cuma dapat dilalui sambil membungkukan tubuh. Diluar itu, Fort Rotterdam ini pula mempunyai cerita unik. Karena, bagian luar bangunan benteng ialah peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

Belanda sukses menggantikan benteng yang ikut dimaksud Benteng Panyyua (penyu). Lewat kesepakatan Bungayya, Belanda memaksa Kerajaan Gowa menyerahkan benteng itu. Nilai historis dari benteng ini besar sekali. Bangunannya ikut tertangani dengan begitu bagus. Sambil nikmati F8, Anda mesti bertandang ke Fort Rotterdam, jelas Esthy kembali.

Tidak hanya Fort Rotterdam, Kota Anging Mammiri mempunyai Benteng Somba Opu. Benteng ini peninggalan Kesultanan Gowa yang dibuat Raja Gowa ke-9 pada era 16. Situs riwayat ini diindikasikan menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Saat ini, benteng ini ada di Jalan Daeng Tata, Makassar. Diluar itu, kota ini pula mempunyai Makam Pangeran Diponegoro.

Makam Pangeran Diponegoro ini ada di pusat kota Makassar. Tempatnya ada di Kampung Melayu Makassar. Tujuan lainnya yang di tawarkan Kota Anging Mammiri ialah Museum Kota Makassar. Tempatnya di Jalan Balaikota No. 11. Jadi venue terunggul, museum ini baik untuk kenal Makassar lebih detil. Kota ini pula mempunyai Kompleks Makam Raja-Raja Tallo serta Monumen Mandala.

Ciri-ciri Kota Makassar begitu kuat. Bagian historisnya pasti jadi daya tarik lainnya yang mengagumkan. Kota ini memang kaya dengan riwayat. Rugi rasa-rasanya jika ada di Makassar tetapi tidak kenal dekat bagian sejarahnya, kata Asisten Deputi Bagian Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauzi.

Tidak hanya atraksinya, aksesibilitas di Kota Makassar ialah yang terunggul. Wisatawan dapat manfaatkan bermacam moda transportasi. Dari mulai konvensional sampai online. Amenitasnya ikut terunggul dengan sebaran beberapa pilihan menurut harga.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan, F8 serta Makassar jadi tujuan terunggul untuk liburan. Segi 3A kota Makassar ini bagus. Momen F8 ini mesti digunakan untuk mengeksplorasi bagian lain Makassar. Wisata riwayat dapat jadi pilihan bagus sebab spotnya banyak serta eksotis. Pada umumnya, Makassar ini arah liburan terunggul di Indonesia, tutup Menpar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar